Desa Pelangi Pulo Geulis

Create Rainbow like experience to the village to attract tourist while maintaining the environment at the same time.

Raised: Rp. 0

Remain: Rp. 52,171,000

0%

Konsep umum rancangan

            Konsep kampung yang diusung oleh desa Pulo Geulis adalah desa pelangi, dengan mengusung rumah dengan tembok warna warni diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain itu penghijauan diharapkan dapat diterapkan pada daerah ini. Penghijauan dilakuan dengan tanaman sederhana yang dapat ditanam di pekarangan dan gravity garden. Daerah padat bangunan dan kawasan yang strategis menyebabkan kampung Pulo Geulis memiliki potensi besar  untuk dikembangkan.

Visi misi dari kelurahan Babakan Pasar sendiri adalah:

VISI
”Penunjang Kota Perdagangan Dengan Potensi dan Pemberdayaan Lokal Menuju Kemandirian Kelurahan Tahun 2014”

MISI

  1. Mengoptimalkan Potensi Lokal dan Sumber Daya Yang Ada Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat.
  2. Mewujudkan Kelurahan Siaga Sebagai Kemandirian Masyarakat dalam rangka membantu, Mengatasi dan Menangani Permasalahan
  3. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Beriman dan Berketerampilan
  4. Mengoptimalkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Dalam Mewujudkan Segala Sesuatunya  Efektif, Efisien dan Transparan.

Strategi Pengembangan

            Strategi pengambangan daerah dilakukan dengan cara mengoptimalkan kerjasama dengan pihak pihak terkait sehingga realisasi kampung Pelangi di daerah Pulo Geulis akan cepat terlaksana. Penyuluhan terhadap masyarakat mengenai daerah yang akan dijadikan daerah wisata juga diperlukan kemudian Pencerdasan masyarakat agar nantinya dapat memaksimalkan banyaknya wisatawan yang datang juga dapat dilakukan.

Rencana Detail Pengembangan

Beberapa Objek program perancangan Kampung pelangi di kelurahan Babakan Pasar yaitu sebagai berikut:

  1. Jembatan penghubung daerah pada sungai Ciliwung
  2. Rumah-rumah Warga
  3. Tempat sampah Organik dan Non Organik
  4. Pengambangan rumah Makan untuk wisata kuliner
  5. Kursi taman
  6. Tanaman pekarangan disetiap rumah

Lomba inovasi kampung tematik khas Bogor ini merupakan wadah untuk mengembangkan daerah atau desa yang terdapat di kota hujan ini. Realisasi dari program kampung tematik ini terbagi menjadi beberapa tahap, tahap pertama adalah tahap persiapan, lalu tahap pelaksanaan, tahap penyelesaian dan terakhir tahap evaluasi.

Adapun tahapan dalam pengembangan rancangan kampung pelangi adalah sebagai berikut:

    1. Tahap Persiapan

    Tahap persiapan dilakukan oleh volunteer sebagai pembantu untuk mematangkan konsep yang telah diberikan oleh lurah babakan pasar. Peninjaun langsung kawasan yang akan dijadikan objek kampung tematik juga telah dilakukan.. kemudian volunteer dan lurah babakan pasar melakukan diskusi via elektronik untuk merealisasikan konsep kedalam sebuah proposal.

    2. Tahap Pelaksanaan

    Tahap pelaksanaan untuk merealisasikan kampung pelangi adalah penyuluhan terhadap warga sekitar mengenai daerah yang akan dijadikan objek pengembangan daerah. Penyuluhan ini bersifat wajib dengan menitik beratkan bahwa tembok tembok bangunan sekitar akan dicat dengan variasi warna yang berbeda, penyuluhan penghijauan yaitu setiap rumah wajib memelihara maksimal satu pot tanaman dipekarangan rumah mereka, dan juga penyuluhan pengambangan daerah wisata  kuliner. Wisata kuliner yang diusung bisa berkaitan dengan makanan khas sunda dan makanan makanan yang sedang popular dikalangan masyarakat. Kemudian, secara bertahap setiap rumah dibantu dengan pihak pihak terkait untuk segera di cat kemudian diberikan pot tanaman, Lalu masyarakat yang ingin melakukan usaha kuliner di data agar tidak terjadi kesamaan menu pada setiap warung atau rumah makan agar variasi masakan pada daerah ini menjadi tinggi

    3.Tahap Penyelesain

    Tahap penyelesaian dilakukan dengan mendengar aspirasi masyarakat mengenai kepuasan realisasi kampung tematik. Jika ada aspirasi yang membangun dan dapat wujudkan dengan segera maka aspirasi bias dipertimbangkan untuk dapat di realisasikan. Kemudian pada tahap ini peran sosial media mulai digalakaan sehingga ketika kampung ini selesai dibangung para wisatawan dapat segera berkunjung.

    4. Tahap Evaluasi

    Tahap berikutnya adalh tahap evaluasi. Tahap evaluasi dilakukan setelah tahap penyelesain dilakukan yaitu 2 minggu setelah kampung pelangi resmi dibuka sebagai kampung wisata. Evaluasi dilakukan dengan survei pad apengunjung dan warga sekitar

                Setelah semua tahap terselesaikan maka selanjutnya dilakukan tahap mempertanggungjawabkan bantuan dana melalui pembuatan laporan pertanggung jawaban keungan (LPJ-K).

 Jadwal kegiatan

Pelaksanaan dilakukan pada perkiraan bulan September 2017 sampai bulan Oktober 2017


Project Needs :

Component Unit Total
Steel Paint 100 Pcs Rp. 3,000,000
Wall Paint 700 Pcs Rp. 35,000,000
Fund Rp. 14,171,500
Total Rp. 52,171,500